Rabu, 19 Oktober 2011

Merapi, 15 Oktober 2011 - The Hard Work That Only Expert Men Can Do

Uyooo!!
Aku mau cerita tentang pendakianku yang kesekiankalinya
Langsung aja yuuk!!

Sebelum tanggal 15 Oktober ini aku tiba-tiba memiliki hasrat yang tak tertahankan buat naik gunung
Entah kenapa deh itu,tiba-tiba pengin aja ya udah aku minta Lutfi alias Bocil alias koyot buat nemenin aku naik
Nah bingung juga nih mau kemana, sampe akhirnya aku mutusin buat menjadikan Merapi menjadi targetku
Kebetulan selama ini aku belum pernah naik Merapi pasca erupsi
Singkat kata setelah siap-siap, jam 18.00 hari Sabtu kami berangkat dari Satu Bumi
Tapi kami ngga jadi berangkat berdua, tapi bertiga ditambah Amsyong, anak Satub

Untuk mendaki Merapi ini kami memilih jalur pendakian dari New Selo
Lama perjalanan sampe disana adalah 2 jam, tapi itu setelah kita makan malem dulu di jalan
Jalanan masuk sana hampir sama dengan jalan menuju gunung-gunung lain, bergelombang naik turun
Apalagi pas kita lewat itu kabut lagi turun, sehingga mengurangi jarak pandang banget
Wah, sayangnya pas di momen itu aku ngga bisa mengabadikan fotonya

Kita sampe di basecamp Merapi New Selo kira-kira jam 20.15
Dan pas mau parkir aku terkejut "oh my Goood!!"
Gile ternyata malam ini banyak banget yang mau naik, parkirannya sampe keluar-luar
Kita istirahat dulu sampe jam 20.45 baru deh kita naik

Track pertama kita harus melewati jalanan super menanjak, dan yang bikin maknyus itu pasirnya tebel banget!
Kalo diinjek, pasirnya terbang-terbangan, wah ngga enak banget kalo terhirup
Lumayan panjang ini jalannya sampe kita akhirnya masuk hutan juga
Jalanan berganti jadi selokan air tapi masih diselimuti pasir, licin
Di jalan ketemu banyak pendaki, jadi tradisi sesama pendaki adalah ...
Menyapa
"mari maass..."
"dari mana mas??"

Udara di sana sebenernya ngga terlalu dingin, tapi anginnya guede banget
Sekitar jam 23.00 aku udah capek banget karena ngantuk pol
Akhirnya si Lutfi tak suruh duluan buat nyari tempat buat nge-camp
Aku di belakang ditemani Amsyong, wah thanks banget Syong kau setia menemaniku
Soalnya sumpah aku ngantuk buanget, samping kiri itu jurang semua, kalo aku jalan sendiri terus ketiup angin bisa terbang bebas ane gan

Wah dari atas terdengar suara Lutfi kalo dia udah sampe di tanah yang lumayan lapang
"bagus deh, akhirnya bisa tidur juga"
Aku kira dia cuma menemukan ruang kosong, ternyata dia malah udah bikin tenda
"mantaaaap!!"
Si Lutfi emang kuat banget fisiknya
Lutfi sama Amsyong itu anak Satu Bumi, yaiyalah kuat
Terus kita masak makanan, ngopi, dan bersantai-santai ria sampai akhirnya semua tidur

Pagi hari jam 6.30 tanggal 16 Oktober Lutfi bangun duluan, terus aku
Langsung bikin sarapan untuk ngisi tenaga buat perjalanan ke puncak
Habis sarapan kami semua narsis-narsis dulu






Oke, abis sarapan kita lanjutkan lagi perjalanan menuju puncak merapi
Tenda kami tinggal di situ, berharap ga ada orang iseng yang ngambil barang-barang kami

Track yang kami lalui selanjutnya naik 1 sampai 2 level
Selain menanjak berpasir, juga berbatu-batu membuat kami harus terkadang berjalan merangkak
Pemandangan saat itu indaaah banget
Awan pas cerah, matahari bersinar terik, anginnya juga kenceng banget
Sebelah kanan kami itu jurang dan terlihat jalur aliran lahar yang setahun lalu dilalui cairan merah panas itu












Akhirnya kami sampai di pasar bubrah









Pasar Bubrah itu semacam padang yang sangat luas tanpa ada yang menghalangi
Angin bertiup kencang dengan bebasnya
Banyak pendaki yang menjadikannya sebagai tempat ngecamp
Ngga jauh dari situ udah mulai kelihatan puncak gunung ini
Kami istirahat sebentar disana, terus lanjut nanjak ke puncak
Nah, track ke puncak inilah yang paling extrem
Tracknya pasir semua bikin pendaki capek untuk melangkah
Tapi si Koyot punya inisiatif, yaitu kita ngga lewat jalur yang dilewati pendaki lain, tapi lewat barisan batu-batu kokoh
Emang sih, kalo diliat-liat lebih beresiko yang ini, soalnya kalo kepeleset sedikit aja, bisa bikin nama kami bertiga tenar mendadak, alias masuk berita, alias mati konyol
Tapi, karna kami ini pria pejantan (agak) tangguh, kami berani ambil resiko
Dan bener banget, pas kita climbing di batu-batu itu rasa takut, waswas pasti ada
Tangan kaki udah gemeteran, capek banget
Tapi harus berjuang kalo ngga pengin jatoh ke jurang

Kalo ga salah satu setengah jam kemudian kami sampai di puncak, yaitu jam 9.45










Nah diatas sana anginnya kenceng banget
Meniup kami dari segala arah
Tapi pemandangan dari atas itu ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata coooyy!!!
Kamu bakal bangga banget sama diri kamu waktu di puncak sana
Entah walaupun saya udah sering naik gunung, tapi feelnya merapi beda
Dan kami disana cuma sebentar terus langsung turun ke pasar Bubrah, makan, lalu turun ke tempat kita ngecamp, makan lagi, abis itu langsung turun bablas ke basecamp bawah.

"Bukan karena pengalaman pertama sesuatu itu menjadi menarik, tapi karena dari alur dan cerita dari sesuatu itu yang membuatnya bermakna (lebih)"

Salam pecinta alam seluruh Indonesia
SATU BUMI
PALAMEGA

Kalo mau liat foto-foto lengkapnya, kunjungi facebook saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar