Rabu, 01 Februari 2012

Mau Kerja Praktik Di Krakatau Steel?

Kerja Praktik adalah salah satu kewajiban mahasiswa
Kapan dan dimana tempatnya itu menyesuaikan dengan keinginan dan kondisi
Mau yang deket-deket aja atau berjuang KP di perusahaan besar
Semua punya keuntungan masing-masing

Nah, setiap perusahaan punya ketentuan sendiri dalam program ini
Tapi sebagian besar BUMN nggak berbeda jauh dalam memberikan materi dan fasilitas
Perusahaan juga punya persyaratan yang harus disiapkan oleh peserta KP
Kalau semua persyaratan ini udah memenuhi, barulah bisa mengikuti rangkaian KP disana

Untuk share aja nih ya sebelumnya, saya mau berbagi informasi di salah satu perusahaan dalam negeri
Perusahaan ini pernah mencapai masa jayanya sebagai penghasil baja di Asia
Berlokasi di kota Cilegon, perusahaan ini udah sangat makmur
Yap, apalagi kalo bukan Krakatau Steel

Krakatau Steel Logo


PT. Krakatau Steel, tbk. berdiri tahun 1970
Kini, KS sudah memiliki anak perusahaan yang menopang hidup masyarakat Cilegon
Berikut ini anak perusahaan PTKS :
- PT KHI Pipe Industry
- PT Krakatau Wajatama
- PT Krakatau Engineering
- PT Krakatau Bandar Samudra (ngurusin segala kegiatan di pelabuhan)
- PT Krakatau Information Technology (ngurusin semua yang berhubungan sama IT)
- PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (perumahan, kolam renang, golf, tempat liburan lainnya)
- PT Krakatau Daya Listrik (PLN-nya KS)
- PT Krakatau Tirta Industri (PAM-nya KS)
- PT Krakatau Medika (rumah sakit terbesar dan terlengkap di Cilegon)
- PT Meratus Jaya Iron & Steel

Kantor pusat

Selain rumah sakit, KS juga punya sekolah lho
Semuanya dibawah payung Yayasan Pendidikan Warga Krakatau Steel (YPWKS)

- Taman Kanak-Kanak
  TK YPWKS 1, TK YPWKS 3
- Sekolah Dasar
  SD YPWKS 1, SD YPWKS 2, SD YPWKS 3, SD YPWKS 4, dan SD YPWKS 5, SD Al-Azhar
- Sekolah Menengah Pertama
  SMP YPWKS, SMP Madinatul Hadid
- Sekolah Menengah Atas
  SMAN 2 KS, STM KS

Logo SMA ku :*

Halaman muka sekolah ku, SMAN 2 KS

Dan tempat-tempat favorit lainnya di bawah asuhan Krakatau Steel, seperti :
- Kolam Renang Permata Krakatau (luas banget nih tempatnya)
- Krakatau Junction (supermarket, tempat nongkrong, dan hura-hura)
- Dana Pensiun PTKS
- Koperasi KS
- Palm Hill (komplek perumahan karyawan-karyawan anak perusahaan PTKS)
- Stadion Krakatau Steel (stadion kebanggaan masyarakat Cilegon)
- Persatuan Sepakbola Krakatau Steel (PSKS) - klub sepakbola tercinta warga Cilegon
- Padang Golf (lokasinya deket sama kolam renang KS)
- Bus Karyawan PTKS (antar jemput karyawan dari-ke kantor)
- Dan fasilitas lain yang diberikan perusahaan sampe-sampe saya lupa karna kebanyakan.

Itu cuma beberapa lho
PTKS berusaha meningkatkan mutu perusahaan dengan meningkatkan kualitas karyawannya
Sama persis dengan salah satu ilmu dari satu mata kuliah yang diajarkan Pak Bagyo 
Dengan makin cintanya karyawan terhadap perusahaan, maka otomatis etos kerjanya juga meningkat

Dapur

Salah satu produknya

Bis Jemputan - Kecil

Bis Jemputan - Besar

Krakatau Junction

Menurut saya, PTKS adalah salah satu BUMN berstandar Internasional di Indonesia
Kerja di sana itu berat banget karna setiap detik berjumpa dengan resiko keselamatan kerja
Disana kita berhadapan dengan bisingnya alat berton-ton penghancur baja
Dan juga terpapar panas hingga 1600 derajat celcius!
Pantas aja PTKS rela melakukan apa saja demi kesejahteraan karyawannya

Nah, balik lagi ke kerja praktik (jadi ngomong kemana-mana ya)
Syaratnya nggak begitu susah ternyata
Dan denger-denger pemberian materinya nggak begitu sulit, tapi tergantung pembimbingnya juga sih
Oh iya, digaji juga lhooo hahaha!!

Nah, kira-kira syaratnya seperti ini :
1. Mengajukan Surat Permohonan Praktek Kerja Lapangan atau Riset T/A dari Sekolah (Universitas) yang bersangkutan dan ditujukan kepada Manager Perencanaan Evaluasi dan Administrasi Diklat PT. Krakatau Steel.

2. Surat Permohonan dari Sekolah (Universitas) harus sudah diajukan 3 (tiga) bulan sebelum waktu pelaksanaan PKL atau Riset T/A.

3. Melampirkan data-data yang dibutuhkan untuk administrasi seperti :
-Foto Copy Kartu Pelajar/Mahasiswa.
-Bio Data (CV) Siswa/Mahasiswa.
-Foto Copy Transkrip Nilai Indek Prestasi (IP) Semester Akhir bagi Mahasiswa.
-Pas Foto Terakhir Ukuran 2x3 cm dan 3x4 cm masing masing 2 lembar.

4. Bagi Mahasiswa(i) yang akan mengajukan PKL & Riset Tugas Akhir (T/A) diwajibkan membuat proposal  yang telah disetujui/ditanda-tangani oleh Dosen Pembimbing dan Ketua Jurusannya.

5. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi staf kami di Dinas Administrasi Pusdiklat PT. Krakatau Steel (Bpk. Nurjaya) pesawat Telp. 0254-372427 atau Fax. 0254-372337 atau klo ga nyambung, bisa langsung ke pak Sunarto (085711880046)

Kalo temen-temen punya minat untuk KP atau penelitian di KS dan butuh tempat tinggal, nggak perlu bingung
Nggak begitu jauh dari kawasan industri ada perumahan KS
Saya berani jamin setiap rumah mau nerima mahasiswa atau siapa aja yang mau KP di KS
Dan tiap rumah pasti punya kamar kosong untuk dihuni
Tarifnya antara 250-400, pinter-pinter milih aja
Untuk makan juga nggak susah kok karena banyak tempat makan di sepanjang jalan dan komplek
Akses dari-ke kota Cilegon juga gampang
Cukup naik angkot warna merah dengan tarif 2000 perak
Angkotnya gaul lagi (soundsystem-nya coy udah kaya konser dalem mobil - ajeb ajeb)

Mau ke pantai?
Ada pantai Merak dan yang terkenal, Pantai Anyer
Mau main banana boat atau cuma mau berjemur bisa
Yang mau romantis-romantisan sampai berburu gambar alam eksotis, bisa!

Anyer Beach

Anyer Beach (2)

Gimana? Tertarik?
Saya cuma sekedar share
Nggak menambahkan, apalagi mengurangkan


Semoga bermanfaat... :D

46 komentar:

  1. rencananya sih gitu, tapi masih nyari2 temen dulu dan referensi lain..

    BalasHapus
  2. Salam kenal smua, saya mahasiswa teknik mesin UI dan kurang lebih setahun yang lalu berkesempatan untuk KP di KS tepatnya di divisi perawatan mekanik Continuous Tandem Cold Mill (CTCM) - Cold Rolling Mill (CRM). Sebenernya tergantung penempatan, alhamdulillah di tempat saya pembimbingnya mmeberi perhatian penuh, sekaligus bimbingan yang sangat bermanfaat seperti kunjungan rutin lapangan jika ada problem (looper, roll coolant plant, dll), kemudian sharing progress yang rutin kemudian ditutup oleh presentasi akhir di hadapan karyawan (engineer, kepala sesksi dan kepala divisi), tapi ada beberapa tmn yang ditempatkan di divisi lain kurang mendapatkan perhatian, kesannya dilepas begitu saja. Untuk masalah referensi tidak usah kuatir, karena kita diijinkan meminjam referensi seperti laporan KP sebelumnya, tapi tidak untuk di copy paste lho hehe. Masalah tunjangan PT KS memberikan upah harian sebesar 12500 rupiah per harinya untuk S1 dan kalo tidak salah 10000 untuk siswa SMK yang juga mengikuti KP disana, tidak mendapatkan uang makan dan uang tinggal. Buat yang baru mau KP semoga sukses ya, semoga informasi ini berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas mau tanya, upah hariannya itu sudah pasti semua siswa/mahasiswa yg pkl disana dapat ya? kalau boleh tau lagi harga kos-kosan dekat sana itu dibayarnya per bulan itu berapa ya?

      Hapus
  3. salam kenal, mau tanya, kira-kira kelengkapan persyaratan yang sudah dikirim ke pt ks lewat pos itu dibalasnya berapa hari ya? oiya pklnya itu dibagi menurut jurusan kuliah masing2kan? kalau saya dari jurusan IT apakah selalu kebagian di pt ks yg bagian ITnya? saya baru mau coba pkl disana cuma masih nunggu kepastian, mohon infonya ya :)

    BalasHapus
  4. Saya justru baru mau KP di KS hari senin nanti mbak. Jadi, menurut teman saya yang udah pernah KP disana taun 2012, ternyata emang bener kita digaji Rp12.500/hari. Kemudian saya kebetulan ketemu sama tetangga yang juga baru selesai KP periode Januari 2013. Dia cerita kalo mulai taun 2013 peserta KP nggak dapet gaji, termasuk teman saya ini, dia ngga dapet.
    Menurutnya sih hal itu dikarenakan kondisi perusahaan saat ini yang sedang kurang prima.
    Tapi kita tetap dapet fasilitas KP kok, misalnya kaya safety shoes, helm, dan modul.

    Kalo harga kos-kosan dekat sana harganya bervariasi. Setahu saya harga mulai 300rb-an per bulan. Ada juga yang menawarkan fasilitas lengkap (kamar, makan, cuci, jemputan) dengan harga mulai dari 800rb-an per bulan.

    Kalau saya dulu ngirim surat ke KS bulan November awal. Dua minggu kemudian saya ditelpon pihak KS utk diminta kepastian dan konfirmasinya. Beliau bertanya dengan setengah kesel gitu.

    KS : "mas, bagaimana apakah jadi KP di KS atau tidak? Kok kami belum dikasih konfirmasi? Kalau mas tidak jadi kan kuotanya akan kami berikan kepada mahasiswa lain mas". (kira-kira gitu deh pas di telpon)

    Terus saya jadi bingung
    Me :"maaf Bu, saya belum dapat surat balasan dari KS, jadi saya belum bisa kasih konfirmasi apakah saya jadi KP di KS apa tidak", saya jawab gitu

    KS :"sudah kok mas, kami sudah mengirim surat balasan seminggu yang lalu ke tata usaha"

    Me : (waduh berarti saya yang ngga update)
    Akhirnya saya minta maaf dan langsung konfirmasi kalau saya setuju KP di KS periode Maret 2013

    Jadi, pihak KS dalam hal ini tanggap dan profesional banget. Saya aja nggak nyangka ternyata surat balasan bahkan sudah ditempel di mading kampus, bukan di tata usaha lagi. Ternyata saya yang ngga update.

    Kemudian, untuk pembagian divisi dan sebagainya, sepenuhnya diatur dari pihak KS. Tapi, kita dalam proposal pengajuan KP kan pasti menuliskan kita mau kerja di bagian mana. Contohnya saya kemaren merekomendasikan diri saya untuk ditempatkan di bagian Manajemen Proyek, karena latar belakang saya di Teknik Indutri UGM. Beberapa waktu lalu saya ditelpon pihak KS yang menawarkan posisi di Perencanaan Proyek, Manajemen Perawatan, dan Perencanaan Produksi. Akhirnya saya milih Manajemen Perawatan karena saat itu saya sedang mengambil mata kuliah Manajemen Perawatan dan ternyata saya menyukainya. Tapi pas KP nanti saya nggak tau apakah pilihan saya itu disetujui pihak KS atau nggak.
    Lebih baik mbak merekomendasikan diri mbak mau ditempatkan dimana supaya nanti dapat tugas yang sesuai dengan keahlian mbak. Apakah itu di bagian informasi, pemrograman, otomasi, dll.

    Semoga informasinya bermanfaat. Sukses selaluu...!!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo, proposalnya juga wajib dikirim ya? kebetulan saya email ke pihak ks nya tentang izin pkl ini dan dari sananya membalas kalau cukup kirim cv sama surat permohonan kampus mas.
      Hmm, jadi kurang lebih saya harus tunggu 1 minggu dari sejak saya kirim pos kesana ya. Oke mas, makasih infonya, saya kalau bingung mungkin bakal sering tanya-tanya lagi nih, maaf merepotkan :)

      Hapus
    2. Email pihak ks nya apa ya mbk?

      Hapus
    3. ooo yaudah kalo cuma disuruh kirim itu doang juga nggak apa2. yang penting udah ada balasan dari KS.

      Yaa kurang lebih seperti itu lah, nggak lama kok

      Hahaha nggak merepotkan kok, iseng2 sharing ajaa :)

      Hapus
    4. masuk, mau tanya...,
      Ada yg udah buat TA gak???,

      Hapus
  5. Mas, bisa minta email bpk Sunarto? Saya minta belum sempat2 dikasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Sunarto yang mana ya? Saya taunya pak Sunarto dari HSM yang bagian K3. Beliau yang ngasih materi K3 khusus di HSM (karena kebetulan saya ditempatkan di HSM sebelum diterjunkan ke divisi perencanaan)

      Hapus
  6. saya malah pengen kerja disitu gan..hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, keinginan yang bagus gan. Ya dicoba aja, mudah-mudahan dapet. Enak kok gan. Ane nih udah bertaun-taun ngerasain tinggal di lingkungan sana, fasilitasnya enak banget,secara babeh ane udah kerja disana sejak 90an awal, hehehe

      Hapus
    2. mas nanya donk..
      apa fasilitas yang kami dapat jika kami kerja praktek di krakatau steel..

      kebetulan kami mahasiswa S1 yang ingin Kerja praktek disana

      Hapus
  7. mas maaf ada yg punya proposal KP yg baik untuk di KS agar bisa dterima?
    klu ada bisa tolong email tidak ksni ,,,ryan.f.harun@gmail.com
    trimakasih atas bantuan dan perhatiannya.

    BalasHapus
  8. Kontak di atas masih aktif atau tidak? Saya berminat untuk pkl disana tapi masih bingung mengenai alamat untuk mengirimkan persyaratan pkl disana. Tau ada yang bisa bantu?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  9. mas mnta infonya divisi di krakatau steel apa aja ya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Divisi di KS ada banyak, Direct Reduction, Slab Steel Plant 1 & 2, Billet Steel Plant, Wire Rod Mill, Hot Strip Mill, Cold Rolling Mill, yang baru Blast Furnace..Itu sih yang di bagian produksi saja, divisi penunjang yang lain juga masih banyak seperti K3LH, EDPC, Workshop, dll..

    BalasHapus
  11. mas kalo boleh tau alamat email untuk pengajuan KP di KS apa ya? terima kasih

    BalasHapus
  12. Ka mau tanya dong ka kalo mau liat lowongan magang kita harus dateng ke ks langsunga ga sih ka? Soalnya saya buka2 webnya ga ada informasi seputar magang. Terima kasih

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Ka boleh mnta contoh proposal kp di ptks ngga, kalo boleh kirim ke ntiieque@gmail.com
    Sama mau tanya email buat ngirim proposal kp ke ptks apa ya... mksih

    BalasHapus
  15. corsec@krakatausteel.com apa itu ya mass email untuk permohonan KP di PTKS??

    BalasHapus
  16. Mas Mbak.

    Saya Anggit Wicaksono, Mahasiswa FMIPA KIMIA UGM, Saya mau tanya, Persyaratan untuk PKL (P)raktek Kerja LApangan) di KS apa saja ya ??

    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Mas mba mau tanya klau semisal mhasiswa mau latihan magang di KS bisa tidak ya ? Saya blm smstr akhr soalnya mas mba , tpi ada niat mau ltihan magang

    BalasHapus
  18. Selamat siang.. kalau boleh tau untuk magang tersedia divisi apa saja yah?

    BalasHapus
  19. Maaf ada yg punya proposal KP yg baik untuk di KS agar bisa dterima?
    klu ada bisa tolong email saya Aulia1402.ar@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Asalamualaikum pak izin bertanya apa di krakatau steel menerima PKL khususnya jurusan TKJ?

    BalasHapus
  24. Asalamualaikum pak izin bertanya apa di krakatau steel menerima PKL khususnya jurusan TKJ?

    BalasHapus
  25. Permisi mas mau tanya, apa sekarang yang mengurus masalah PKL masih tetap pak Sunarto atau sudah bukan beliau lagi ya? Terima Kasih.

    BalasHapus
  26. Mau tanya .. Kalau Kita mau PKL di Ks Kartu pelajar nya harus ada ya ? Trus apa kita dpt upah harian .. soalnya ane Jauh jauh Kesono Nge kost Takutnya Ga ada Itu .. sama Boleh minta proposal yg Bnr ga supaya bisa keterima PKL di Ks

    BalasHapus
  27. Maaf gan mau tanya. Siswa magang sama kerja praktik itu sama ta.?

    BalasHapus
  28. Maaf gan ada kontak yang bisa dihubungin untuk KP disana ?

    BalasHapus
  29. Selamat sore. Minta tolong bagi yg mempunyai proposal yg bisa dikirim atau pernah dikirim ke pihak KS yg bisa sebagai syarat utk pkl di sana. Tolong kirimin ke email azimabdul393@gmail.com

    BalasHapus
  30. Selamat pagi.Mohon maaf merepotkan, saya minta tolong bagi yg memiliki proposal yang dapay dikirim atau pernah dikirim ke pihak KS yg dapat sebagai syarat utk pkl di sana. Tolong kirim ke email muhammadyusffalah@gmail.com
    Terimakasih atas bantuanya

    BalasHapus
  31. Selamat malam. Minta tolong bagi yang punya proposal yang dapat dikirim atau berhasil pernah dikirim ke pihak KS untuk persyaratan PKL tolong kirim ke email saya ayu.hartani@gmail.com. Terimakasih bantuannya 🙏

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum. Salam sejajaterah untuk kita semua. Maaf sebelumnya. Saya Minta tolong sama teman2 yg sudah KP di sana dan proposalnya di terima bisa kirimkan saya di eamil saya ardiansyahardhi141298@gmail.com

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum maaf sebelumnya saya berencana ingin kp di ke jika berkenan saya minta tolong jika teman-teman yang sudah melaksanakan kp di ke dan diterima saya ingin lihat contoh proposal nya bisa dikirimkan ke email anamihrun14@gmail.com terimakasih banyak

    BalasHapus
  34. assalmualaikum
    mohon maaf sebelumnya , saya berencana ingin melakukan KP di sana , saya minta tolong sama teman2 yang sudah KP disana untuk mengirimkan contoh proposalnya untuk saya pelajari bisa kirim ke email fathur.allfariz11@gmail.com
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum ,saya pengin ko di KS minta tolong kepada teman2 yang pernah KP di sana seperti apa prosalnya tolong kirim kan ke eamail @randibrembo86@gmail.com

    BalasHapus
  36. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus
  37. Minimal berapa orang ka kalo yang pkl

    BalasHapus